Hanura: Aceng Fikri Tidak Otomatis Lolos Jadi Caleg DPR

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Aceng HM Fikri
Jakarta - Partai Hanura menerima mantan bupati Garut Aceng HM Fikri sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) DPR RI. Hanura tak memungkiri Aceng punya hak konstitusional sebagai warga negara, namun tak menjamin Aceng lolos diikutkan kompetisi ke Senayan.

"Dia itu kan daftar ke Hanura sebagai warga negara biasa yang memiliki hak politik untuk memilih dan dipilih sehingga menyerahkan formulir. Sehingga tim penerimaan pendaftaran caleg kan tidak berhak menolak," kata Ketua Bappilu Partai Hanura, Yuddy Chrisnandi, saat berbincang, Senin (25/3/2013).

Pendaftaran bacaleg Hanura ditutup malam ini. Selanjutnya Bappilu Partai Hanura akan melakukan proses verifikasi setelah menginventarisir semua bacaleg, termasuk Aceng Fikri yang mendaftar sebagai bacaleg DPR RI dari dapil Jabar 10 (Tasik-Garut).

"Jadi kita belum membahas Aceng Fikri akan ditempatkan, apalagi di posisi pertama. Tidak ada yang istimewa, tidak otomatis menjadi caleg Hanura, apalagi ada yang berpandangan Aceng Fikri ditempatkan di posisi pertama," papar Yuddy.

Dalam melakukan seleksi terhadap bacaleg, Hanura juga tidak main-main. Hanura akan melakukan verifikasi secara ketat terhadap semua bakal calegnya.

"Kita akan membahas apa manfaatnya dan apa mudharatnya. Kita akan memperhatikan aspirasi masyarakat," tandasnya.